3 Peristiwa Besar Keutamaan Umroh Rabiul Awal

3 Peristiwa Besar Keutamaan Umroh Rabiul Awal.

Assalamualaikum Wr Wb.

Bulan Maulid atau dalam Bahasa Arab disebut bulan Rabiul Awal memiliki banyak sekali keutamaan di antara bulan-bulan lainnya dalam Islam. Ya, Bulan ini erat kaitannya dengan Rasulullah Muhammad SAW.

Rasulullah lahir di bulan Rabiul Awal pada 571 masehi (lebih dikenal sebagai Tahun Gajah). Kelahiran Nabi Muhammad SAW ini di kalangan umat Islam Indonesia dikenal dengan istilah maulid Nabi dan masuk dalam hari libur nasional.

Tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW tercatat dalam banyak versi ada yang menyebut Nabi Muhammad SAW lahir pada 8 Rabiul Awal, 10 Rabiul Awal, 12 Rabiul Awal dan 17 Rabiul Awal. Namun, yang masyhur di kalangan para ulama, Nabi Muhammad SAW lahir pada senin, 12 Rabiul Awal di Makkah. Nabi Muhammad SAW lahir bertepatan dengan peristiwa penyerangan Ka’bah oleh pasukan gajah atas perintah Raja Abrahah. Nabi Muhammad pun wafat pada bulan yang sama atau dalam hitungan masehi pada tahun 632 di Madinah pada usia 63 tahun.

Pada Umroh Rabiul Awal, jemaah akan mendapatkan keutamaan untuk berziarah sekaligus memperingati hari kelahiran dan wafatnya Nabi Muhammad secara langsung di Tanah Suci. Rabiul Awal adalah momentum untuk mengembalikan keteguhan cinta pada Rasulullah.

Rasulullah bersabda: “Barang siapa mencintaiku, maka ia akan bersamaku di surga.”

Selain itu, Nabi Muhammad juga diangkat menjadi seorang nabi pada bulan yang sama saat berusia 40 tahun berdasarkan wahyu yang diperoleh melalui mimpi. Enam bulan kemudian, beliau menerima wahyu dalam keadaan terjaga di Gua Hira.

Imam Sirri Saqathi Rahimahullah mengatakan : “Barang siapa menyengaja (pergi) ke suatu tempat yang dalamnya terdapat pembacaan maulid nabi, maka sungguh ia telah menyengaja (pergi) ke sebuah taman dari taman-taman surga, karena ia menuju tempat tersebut melainkan kecintaanya kepada baginda rasul.

Sementara Michael H Hart dalam bukunya “The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History” menilai Nabi Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Nabi Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal spiritual maupun kemasyarakatan. Hart mencatat bahwa Nabi Muhammad mampu mengelola bangsa yang awalnya egoistis, barbar, terbelakang, dan terpecah belah oleh sentimen kesukuan menjadi bangsa yang maju dalam bidang ekonomi, kebudayaan dan kemiliteran dan bahkan sanggup mengalahkan pasukan Romawi yang saat itu merupakan kekuatan militer terdepan di dunia.

Jadi, akan sangat sayang apabila anda melewatkan Rabiul Awal di Makkah dan Madinah karena kami (Patuna) juga telah mempersiapkan paket perjalanan umroh di bulan penuh keutamaan tersebut. Percayakanlah perjalanan ibadah umroh anda bersama Patuna sahabat anda beribadah.

Untuk info umroh dan haji bersama PT.PATUNA MEKAR JAYA bisa hubungi di nomer Whatsapp 081332049446 atau di nomer Whatsapp otomatis di bawah ini :