Ke Tanah Suci Sembari Menapaktilasi Histori Nabi

Ke Tanah Suci Sembari Menapaktilasi Histori Nabi.

Beribadah umroh sekaligus menyambangi tempat-tempat wisata bersejarah dan mengandung nilai religius, siapa yang tidak ingin. Pengalaman umroh berbeda tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap jemaah. Tidak terkecuali dengan umroh plus ke Aqsa, Petra, dan Yordania.

Nabi Muhammad saw pernah bersabda agar umat Islam menyempatkan untuk mengunjungi tiga masjid yaitu : Masjid Nabawi, Masjid Haram dan Masjid Aqsa. Dua masjid yang disebut pertama berada di Madinah dan Makkah. Masjid yang akan jemaah kunjungi ketika menjalankan ibadah umroh. Sementara Al-Aqsa berada di Yerussalem Palestina.

Masjid Al-Aqsa memiliki nilai religius yang kental. Masjid ini pernah dijadikan kiblat umat Islam sebelum dipindahkan ke Ka’bah. Tidak hanya itu tempat yang disucikan umat Yahudi dan Kristen ini juga memiliki peran penting dalam sejarah perkembangan Islam. Ya, karena Masjid ini merupakan yang kedua dibangun di muka bumi setelah Masjidil Haram.

Bukan sekedar Masjid dari setiap dinding arsitekturnya masih menyimpan cerita bagaimana Nabi Muhammad bermalam sebelum berangkat ke langit ke tujuh dalam perjalanan Isra’Miraj.

Di kompleks yang sama, jemaah juga bisa mengunjungi beberapa masjid terkenal lainnya, diantarannya Masjid Umar dan Masjid Syaqr. Di sepanjang jalan pun jemaah akan diajak berziarah ke beberapa makam toko muslim terkenal, antara lain : Rabi’ah al-Adawiyah, Salman al-Farisi dan Nabi Musa as.

Sedangkan Yordania, negara yang terletak di utara Arab Saudi ini merupakan destinasi yang menyimpan banyak objek wisata. Umumnya tujuan wisata yang sering dikunjungi adalah Laut Mati, Laut Merah hingga Kota Pelabuhan Aqaba. Namun, satu yang paling sering mencuri perhatian wisatawan muslim adalah Kota Mawar, Petra.

Kota bersejarah ini dikelilingi oleh gunung dimana terdapat Jabal Harun. Puncak gunung ini dipercaya sebagai tempat wafatnya Nabi Harun as. Di gunung ini pula Rasulullah saw pernah singgah bersama pamannya Abu Thalib ketika berusia 10 tahun.

Petra dikenal akan kemahsyuran bangunan arsitektur yang sebagian besar merupakan pahatan. Nama Petra sendiri diambil dari istilah Yunani yang berarti batu. Pagi hari adalah waktu terbaik berkunjung ki sini. Soalnya, pemandangan menakjubkan akan tersaji dengan melihat The Treasury, salah satu ikon Petra yang terkenal dengan rona merahnya saat diterpa sinar matahari.

Tempat ini juga tersohor ke seluruh penjuru dunia setelah masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia. Apalagi, situs ini juga menjadi seting dalam dua film terkenal “Transformer dan Indiana Jones”.