Menjejaki Jalur Sutra di Uzbekistan

Menjejaki Jalur Sutra di Uzbekistan.

Bagi anda yang tidak begitu familiar dengan Asia Tengah, Uzbekistan mungkin dapat memberikan anda insight yang cukup terhadap sejarah dan peradaban di kawasan ini. Bukan itu saja, anda pun dijamin akan berdecak kagum dengan menyaksikan keindahan alamnya.

Uzbekistan selama ini dianggap sebagai jantungnya Silk Road atau Jalur Sutra. Di masa lalu, Jalur Sutra – rute yang menghubungkan Cina di masa Dinasti Han dengan negeri Barat – memainkan peran yang amat vital dalam bidang perekonomian. Melalui jalur inilah, dari Turki hingga Negeri Tiongkok, perdagangan dan pertukaran barang berlangsung di Abad Pertengahan.

Jika anda tertarik menilas balik Silk Road tapi tidak memiliki banyak waktu untuk menelusurinya, anda dapat menemukan tiga dari rute tersebut di Uzbekistan. Khiva, Bukhara dan Samarkand adalah pemberhentian utama di Jalur Sutra. Dengan perencanaan yang baik, anda dapat mengembara ke tempat-tempat itu tak lebih dari sepekan.

Tunggu dulu, menyusun rencana perjalanan ke Uzbekistan? Tenang, anda pasti tak ingin pusing memikirkan tetek bengek itinerary, kan? Kalau begitu, jadwalkan liburan anda ke Uzbekistan bersama Patuna Tour and Travel. Anda tak perlu bingung dengan segala perencanaan karena selama delapan hari anda akan diajak melancong ke tiga rute utama Silk Road yang legendaris.

Menyambangi Khiva, anda akan ditemani ke Itchan Kala, sebuah area di dalam kota yang dibentengi tembok bata setinggi 10 meter. Lokasi ini dulunya adalah tempat beristirahat para pedagang sebelum melintasi padang pasing menuju Iran. Meski tak terlalu banyak monumen yang tersisa, namun anda masih dapat menyaksikan jejak kemegahan arsitektur Islam yang kini menjadi cagar budaya UNESCO.

Puas menelusuri Khiva, giliran kota Bukhara yang menjadi destinasi selanjutnya. Bukhara (Buxoro) telah dibangun ribuan tahun lalu dengan sejarah yang amat panjang. Tempat paling menarik di tengah wilayah Uzbekistan ini sangat pas bagi anda yang ingin kilas balik sejarah Islam pra-Rusia dan Turkistan. Kota ini adalah kotanya santri di Uzbekistan. Di sini terdapat banyak sekali Madrasah dan sekolah-sekolah agama tempat anak-anak menuntut ilmu. Akomodasi di kota ini terbilang yang paling oke di antara kota-kota lainnya. Jadi, anda tak perlu khawatir kesulitan berpindah-pindah lokasi.

Masih ada satu tempat lagi yang mesti anda sambangi: Samarkand (Samarkand). Pengaruh Rusia bisa anda lihat secara kasat mata di tiap sudut kota ini mulai dari bangunan hingga taman-taman yang luas. Samarkand merupakan kota terbesar kedua di Uzbekistan yang usianya setara dengan Roma dan Babilonia. Letaknya yang berada di lereng bukit di perairan Sungai Zerafshan menyajikan panorama yang dijamin akan memikat mata anda.

Tunggu apa lagi, segera cari tahu lebih rinci tentang paket perjalanan ke Uzbekistan bersama Patuna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.